DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN ETOS KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SDN KECAMATAN BANJARBARU UTARA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:FAISAL AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-30


ABSTRAK

Akbar, Faisal. 2023. Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Etos Kerja Guru dengan Kinerja Guru di SDN di Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D (2) Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, Etos Kerja, Kinerja Guru

Kinerja guru meliputi seluruh kegiatan yang menyangkut tugas profesionalnya sebagai guru dan tugas pengembangan pribadi guru. Pentingnya kualitas kinerja para guru dituntut untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik akan membawa dampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap kemajuan pendidikan Indonesia.Beberapa faktor yang dikatakan berperan dalam mempengaruhi peningkatan kinerja guru antara lain faktor supervisi akademik kepala sekolah, komunikasi interpersonal, dan etos kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatansupervisi akademik kepala sekolah,komunikasi interpersonal, etos kerja, dan kinerja guru; dan menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung antara supervisi akdemik kepala sekolah, komunikasi interpersonal, dan etos kerja dengan kinerja guru SDN di Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 172 orang guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan realibilitas. Analisis data untuk menguji hubungan pada penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis).

Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan langsung antara: (1) supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) komunikasi interpersonal dengankinerja guru, (3) etos kerja dengan kinerja guru, (4) supervisi akademik kepala sekolah dengan etos kerja, (5) komunikasi interpersonal denganetos kerja; dan hubungan tidak langsung antara (6) supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru melalui etos kerja, (7) komunikasi interpersonal dengan kinerja guru melalui etos kerja.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah, komunikasi interpersonal, etos kerja dan kinerja guru SDN di Kecamatan Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru.

Disarankan bagi kepala sekolah penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan perilaku/peran pembinaan oleh kepala sekolah guna peningkatan pada komunikasi interpersonal, etos kerja dan kinerja guru. Bagi guru diharapkan penelitian ini dapat dapat digunakan sebagai input dalam upaya meningkatkan kinerjanya dalam pelaksanaan pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI