DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMK NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DEVY NOR APRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-31


Devy Nor Apriani. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah.

 

Kata Kunci: kemandirian belajar, PjBL, pendidikan Pancasila

 

Kemandirian belajar merupakan aspek kepribadian yang sangat penting bagi siswa. Aspek ini perlu diupayakan dalam pembelajaran di kelas. Model pembelajaran adalah sebuah pola atau rencana yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum yang di dalamnya memuat langkah-langkah, prinsip-prinsip, dan juga dapat digunakan sebagai perbaikan dari kegiatan belajar mengajar di kelas. Salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah model pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL). Pengaruh model pembelajaran PjBL dapat membantu siswa agar memiliki kemandirian belajar dan membuat proyek dalam kehidupan nyata.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran PjBL, kemandirian belajar dengan menggunakan model pembelajaran PjBL, dan pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini adalah Quasi Experimental Research atau penelitian eksperimen semu.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen nilai thitung -7.925 dan ttabel 1.995di mana thitung > ttabel, namun dengan arah yang negatif maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBLberpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di SMK Negeri 4 Banjarmasin. Kemudian pada kelompok kontrol nilai thitung -1.228 dan ttabel 1.995di mana thitung < ttabel, namun dengan arah negatif maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model konvensional tidak berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di SMK Negeri 4 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI