DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 27 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | ATIKA AMALIA SEPTARINDA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-01-31 |
ABSTRAK
Septarinda, Atika Amalia .2023.Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 27Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd
Kata Kunci : Tanggung Jawab Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Management.
Siswa yang memiliki tanggung jawab belajar yangrendah akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan tanggung jawabbelajar menggunakan layanan bimbingan kelompokdengan teknik Self-Management pada siswa kelas VIII di SMPN 27 Banjarmasin.
Penelitian ini Penelitian Tindakan dilaksanakan dengan dua siklus. Pada satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta angket. Subjek penelitian yaitu 4 orang siswa kelas VIII dan objek penelitian adalah peningkatan tanggungjawab belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management.
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan tanggung jawabbelajar dilakukan hingga II siklus. Adapun hasilpenelitian yang berhasil dicapai pada siklus II, yaituaktivitas peneliti mencapai kategori sangat baik, aktivitassiswa mencapai kategori aktif, dan peningkatantanggung jawab belajar siswa mencapai kategori cukupmeningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalahlayanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management dapat meningkatkan tanggung jawabbelajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI