DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 27 BANJARMASIN
PENGARANG:ATIKA AMALIA SEPTARINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-01-31


ABSTRAK

 

 

Septarinda, Atika Amalia .2023.Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Pada Siswa Kelas VIII  di SMPN 27Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. SulistiyanaS.Pd., M.Pd (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd

 

Kata Kunci : Tanggung Jawab Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Management.

 

Siswa yang memiliki tanggung jawab belajar yangrendah akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian iniyaitu untuk meningkatkan tanggung jawabbelajar menggunakan layanan bimbingan kelompokdengan teknik Self-Management pada siswa kelas VIII di SMPN 27 Banjarmasin. 

Penelitian ini Penelitian Tindakan dilaksanakan dengan dua siklus. Pada satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik  pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta angket. Subjek penelitian yaitu 4 orang siswa kelas VIII  dan objek penelitian adalah peningkatan tanggungjawab belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management.

Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan tanggung jawabbelajar dilakukan hingga II siklus. Adapun hasilpenelitian yang berhasil dicapai pada siklus II, yaituaktivitas peneliti mencapai kategori sangat baikaktivitassiswa mencapai kategori aktif, dan peningkatantanggung jawab belajar siswa mencapai kategori cukupmeningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalahlayanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management dapat meningkatkan tanggung jawabbelajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI