DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMETAAN KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI GURU IPS SMP NEGERI DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:ENY PUSPITA NINGRUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-04


Eny Puspita Ningrum. 2023. Pemetaan Kualifikasi dan Kompetensi Guru IPS SMP Negeri di Kota Banjarbaru. Pembimbing I. Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum, II. Dr. Syaharuddin, M.A.

 

Kata kunci : pemetaan, kualifikasi guru, kompetensi guru, guru IPS

Ketidaksesuaian kualifikasi akademik dan rendahnya kompetensi guru berdampak pada proses pembelajaran. Kualifikasi akademik dan kompetensi guru menjadi komponen utama yang harus dimiliki pendidik. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan maka seorang guru, termasuk guru IPS, wajib memenuhi standar kualifikasi akademik, kompetensi pedagogik dan profesional. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemetaan kualifikasi pendidikan guru IPS hingga kompetensi pedagodik dan profesional guru IPS di SMP Negeri di Kota Banjarbaru.

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kombinasi (mixed methods). Pada penelitian ini menggunakan strategi metode campuran sekuensial/bertahap (sequential mixed methods) dengan model strategi sequential explanatory. Penelitian kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara bertahap yakni peneliti mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif pada tahap pertama kemudian diikuti dengan pengumpulan dan analisis data dari kualitatif pada tahapan kedua. Sumber data penelitian berasal dari 30 guru IPS SMP Negeri di Kota Banjarbaru. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi.

 

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1). Kualifikasi pendidikan guru IPS SMP Negeri Kota di Banjarbaru diperoleh hasil presentase sebesar 13% berkualifikasi akademik Magister (S2), sedangkan 87%  berkualifikasi akademik Sarjana (S1). Adapun kualifikasi akademik berdasarkan latar belakang pendidikan diperoleh hasil presentase sebesar 26% berlatar belakang pendidikan IPS, sedangkan 74% berlatar belakang pendidikan pendidikan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu sosial; 2). Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru IPS SMP Negeri di Kota Banjarbaru berdasarkan hasil angket diperoleh hasil presentase sebesar 69% dan 66%. Kesimpulannya secara keseluruhan kualifikasi pendidikan guru IPS SMP Negeri di Kota Banjarbaru 26% telah memenuhi standar kualifikasi akademik berdasarkan standar jenjang pendidikan minimal dan relevansi latar belakang pendidikan, sedangkan 74% guru IPS belum memenuhi standar kualifikasi akademik berdasarkan relevansi latar belakang pendidikannya walaupun dalam  jenjang pendidikan minimalnya sudah memenuhi dan untuk kemampuan kompetensi guru IPS SMP Negeri di Kota Banjarbaru berkategori cukup. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI