DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DI SDN 1 LANDASAN ULIN BARAT
PENGARANG:MOUDYANA FARIDAH YASMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-05


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perubahan kurikulum merdeka, hal ini menjadi tantangan baru bagi para guru dalam mengimplementasikan kurikulum. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan (1) implementasi kurikulum merdeka bagi ABK kelas IV di SDN 1 Landasan Ulin Barat, (2) kerja sama antara guru kelas dan guru pembimbing khusus (GPK) dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, dan (3) evaluasi pembelajaran untuk ABK. Jenis penelitian yang digunakan ialah menggunakan pendekatan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah 1 orang guru kelas dan 1 orang guru pembimbing khusus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah ini (1) sudah berjalan dengan baik sesuai dengan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP), alur tujuan pembelajaran (ATP). (2) Dalam kerja samaguru kelas dan guru pembimbing khusus dalam melaksanakan kurikulum merdeka dengan bekerja sama untuk menciptakan pendidikan inklusif yang mendukung perkembangan anak bekebutuhan khusus. (3) Proses evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan perkembangan sosial dan emosional anak, bukan hanya hasil akademik semata.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI