DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONAITAS GURU DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:HILDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-05


ABSTRAK

Hildayati. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Instruksionalsional Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Motivasi Kerja terhadap Profesionalitas  Guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala. Tesis.  Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.Pembimbing II: Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Motivasi Kerja, Profesionalitas  Guru

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya profesionalitas guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala, yang merupakan dampak dari kepemimpinan instruksional, ikilim sekolah, dan motiasi kerja, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan profesionalitas guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Motiasi Kerja terhadap Profesionalitas Guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menggunakan model analisis jalur (Part Analysis) untuk menganalisis pola pengaruh antar variabel. Populasi penelitian sebanyak 228orang guru negeri di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala dan diambil 145 responden sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik Probability Sample Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokmentasi kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 20.

Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap profesionalitas guru 0,283. Iklim sekolah terhadap profesionalitas guru 0,248. Motivasi kerja terhadap profesionalitas guru 0,434. kepemimpinan  instruksional kepala sekolah terhadap iklim sekolah 0,748. kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap motivasi kerja 0,871, dan pengaruh tidak langsung: Kepemimpinan  instruksional kepala sekolah terhadap profesionalitas guru melalui iklim sekolah diperoleh nilai koefisien jalur 0,178. Kepemimpinan intruksional kepala sekolah terhadap  profesionalitas guru melalui motivasi kerja diperoleh nilai  koefisien jalur 0,730.

Kesimpulan penelitian ini adalah gambaran  kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja  di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala berada dalam kategori tinggi, sedangkan tingkat profesionalitas  guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala termasuk kategori sangat tinggi.  Terdapat pengaruh langsung secara parsial antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja terhadap profesionalitas guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala. Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpianan instruksional kepala sekolah terhadap profesionalitas guru melalui iklim sekolah dan melalui motivasi kerja di SMA Negeri Se-Kabupaten Barito Kuala. Saran perlu adanya peningkatan pada variabel profesionalitas guru khususnya kompetensi pedagogek.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI