DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGEMBANGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SE-BANJARMASIN
PENGARANG:TRI RANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-05


ABSTRAK

 

 

 

Tri Rani, 2024. PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGEMBANGAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SE-BANJARMASIN. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. (Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd.)

 

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam pengembangan program kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Banjarmasin. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Seluruh Kepala Sekolah di SMK. Cara pengambilan sampel dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Adapun jenis nonprobability sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengambilan sampel diperoleh 20 sampel. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, dengan uji t dan koefisiesn determinasi. variabel Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah sebesar0.501 menyatakan bahwa setiap ada kenaikan Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah sebesar 1% maka Program Kewirausahaan (Y) akan meningkat sebesar 0.501. Artinya Variabel Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah memiliki Sig. Sebesar 0, 005 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap program  kewirausahaan. sumbangan menciptakan inovasi, bekerja keras, memiliki motivasi yang kuat, pantang menyerah, serta memiliki naluri kewirausahaan terhadap program kewirausahaan sebesar 36,6% sedangkan sisanya 63,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh antara Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah terhadap Program  Kewirausahaan.

 

Kata Kunci: Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah, program kewirausahaan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI