DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua, Keterlibatan Orang Tua dan Literasi Emergen melalui Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Tk Binaan Koordinaator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
PENGARANG:Nur Aprianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-06


ABSTRAK

Aprianti, Nur. 2023. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua, Keterlibatan Orang Tua dan Literasi Emergen melalui Kemampuan Bahasa  Anak Usia Dini Kelompok B Tk Binaan Koordinaator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.  Pembimbing: (1) Drs. Sulaiman, M. Pd, Ph. D (2) Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M. Si

Kata Kunci : Pola asuh orang tua, keterlibatan orang tua, kemampuan bahasa, literasi emergen

Literasi merupakan bagian dari perkembangan anak yang sangat penting untuk distimulasi sejak usia dini. Kemampuan ini menjadi pintu pembuka untuk proses belajar dan merupakan kunci keberhasilan di sekolah. Pengembangan literasi emergen pada anak usia dini bertujuan untuk membangun pondasi literasi awal pada anak yang berfungsi untuk menjadi dasar kemampuan membaca anak sehingga akan meningkatkan konsep diri anak, yang pada akhirnya akan memotivasi anak untuk belajar dan menentukan keberhasilan dalam memperoleh pengetahuan.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua, keterlibatan orang tua dan literasi emergen melalui kemampuan bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 288 orang dengan sampel sebanyak 167 orang. Instumen yang digunakan terdiri dari angket pola asuh orang tua (20 item), angket keterlibatan orang tua ( 20 item), kemampuan bahasa (18 item) dan angket literasi emergen (20 item).  Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan analisis jalur.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan langsung antara pola asuh orang tua, keterlibatan orang tua dan literasi emergen melalu kemampuan bahasa, dan hubungan tidak langsung antara pola asuh orang tua dan literasi emergen melalui kemampuan bahasa serta keterlibatan orang tua dan literasi emergen melalui kemampuan bahasa.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut, hendaknya orang tua proaktif untuk menciptakan iklim yang mendukung terbentuknya minat terhadap literasi emergen dan menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang, sebab keberhasilan anak-anak, termasuk pendidikannya sangat dipengaruhi oleh sejauh mana orang tua mampu memberi sumbangsih bagi proses pendidikan, karena lingkungan keluarga adalah proses pertama pendidikan anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI