DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PEDAGANG PASAR SENTRAL ANTASARI BANJARMASIN SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT PEMBELI
PENGARANG:MUHAMMAD RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-06


MUHAMMAD RAMADHANI, 1710414110018, 2023, Penggunaan Media Sosial Instagram Pedagang Pasar Sentral Antasari Banjarmasin Sebagai Sarana Promosi Untuk Menarik Minat Pembeli. Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti dan Siswanto.

 

Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi iklan telah dilakukan oleh pedagang Pasar Sentral Antasari Banjarmasin dalam proses penjualan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Iklan oleh Pedagang di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin Untuk Menarik Pembeli. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara serta dokumentasi terkait proses promosi produk dari para Pedagang Pasar Sentra Antasari Banjarmasin. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif dari Miles Huberman dengan prosedur reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan serta verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Media Sosial Instagram Pedagang Pasar Sentral Antasari Banjarmasin Sebagai Sarana Promosi Untuk Menarik Minat Pembeli dengan promotion (promosi) yang merupakan sarana untuk mencapai tujuan pemasaran. Selain itu proses promosi telah berhasil dilaksanakan yakni Iklan (Advertising), penjualan personal (Personal selling), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Pemasaran Langsung (Direct Marketing), dan Internet/Pemasaran Interkatif (Internet/Interactive Marketing) Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya alternatif penjualan selain dengan berjualan secara tatap muka, namun juga menggunakan media sosial dan teknologi yang dapat mengirimkan pesan kepada sejumlah besar kelompok individu pada saat bersamaan dalam meningkatkan proses penawaran dan penjualan. Dengan adanya internet, pemasaran produk oleh pedagang Pasar Sentra Antasari Banjarmasin lebih efisien dan efektif. Namun para pedagang masih tidak menerapkan aspek Hubungan Masyarakat & Publisitas (Public Relations & Publicity) oleh karena itu aktivitas pemasaran online dengan media sosial terutama Instagram dapat dijadikan bagian dari promosi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.

 

Kata kunci: Media Sosial, Promosi, Komunikasi Pemasaran, Instagram, Pasar Sentra Antasari

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI