DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO YANG BERBASIS E-COMMERCE DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MAYRA SHAFIRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-07


Mayra Shafira (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro yang Berbasis E-Commerce di Kota Banjarmasin. Pembimbing: Rano Wijaya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat penggunaan sistem informasi akuntansi, yaitu terdiri dari persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), persepsi kegunaan (perceived usefulness), kepercayaan (trust), dan norma subjektif pada usaha mikro yang berbasis e-commerce di Kota Banjarmasin.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan perolehan data melalui kuesioner yang disebarkan pada pelaku usaha mikro yang berbasis e-commerce di Kota Banjarmasin dengan jumlah sebanyak 68 responden. Penentuan sampel dilakukan menggunakan metode proportionate stratified random sampling berdasarkan lima kecamatan yang mencakup Wirausaha Baru (WUB) di Kota Banjarmasin. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of usedengan nilai signifikansi sebesar 85,5%, persepsi kegunaan (perceived usefulnessdengan nilai signifikansi sebesar 100%, kepercayaan (trustdengan nilai signifikansi sebesar 34,8%, dan norma subjektif dengan nilai signifikansi sebesar 99% berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi menyatakan bahwa terdapat pengaruh sebesar 75,8% pada variabel-variabel tersebut terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi, sedangkan 24,2% dapat dipengaruhi oleh variabel lain dari luar penelitian ini.

Kata Kunci:   Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Kepercayaan, Norma Subjektif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI