DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGUNGKAP REALITAS PENGHAPUSAN PIUTANG KEDALUWARSA TERHADAP PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:YUNIAR WIDYASTUTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-12


ABTRAKSI

 

 

Yuniar Widyastuty, (2023). Mengungkap Realitas Penghapusan Piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Badan Pendapatan Daerah. Pembimbing I : Dr. Sarwani, Drs., Ak., CA., CPA. Pembimbing II : Novika Rosari, SE., M. Si., Ak., CA.

 

            Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis (1) mekanisme penghapusan piutangpajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang kedaluwarsa terkait regulasi yang tersedia, (2) faktor-faktor yang melatarbelakangi penghapusan piutang pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang kedaluwarsa, (3) apa saja yang menjadi permasalahan terkait tunggakan pada masyarakat/wajib pajak di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

            Populasi penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian sebanyak 20 orang yang berasal dari internal Badan Pendapatan Daerah dan Ekternal pemerintah serta unsur desa dan masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan penghapusan piutang kedaluwarsa terhadap Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan untuk memukhtahirkan data piutang pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang pelaksanaaanya ditujukan untuk memenuhi penyajian data akurasi piutang pajak pada laporan keuangan yang dapat diandalkan. Praktik penghapusan piutang kedaluwarsa yang telah dilaksanakan tidak terlepas dari beberapa hal yang perlu perbaikan diantaranya dari aspek regulasi penghapusan piutang, Penatausahaan Piutang, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, pembaruan Teknologi Informasi, komitmen pimpinan dan masih terdapat potensi terjadinya tambahan piutang pada saat dan setelah pelaksanaan penghapusan piutang karena tergantung dari unsur kesadaran atau kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak daerah.

 

Kata Kunci:   Penghapusan Piutang, Penyisihan Piutang, Verifikasi dan Validasi Piutang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI