DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MEMASARKAN INDUSTRI KULINER DI BANJARMASIN (STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF AKUN @SOBATBANTAS)
PENGARANG:WARDANA RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-12


Wardana Rahmawati, 2023. Strategi Media Sosial Tiktok dalam Memasarkan Industri Kuliner di Banjarmasin (Studi Kualitatif Deskriptif Akun @Sobatbantas). Skirpsi Pendidikan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Yusuf Hidayat

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Digital, Media Sosial, TikTok

Penelitian ini meneliti tentang strategi media sosial TikTok dalam memasarkan

industri kuliner di Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui gambaran akun @sobatbantas dalam memasarkan industri kuliner di Banjarmasin dengan media sosial TikTok. 2) untuk mengetahui strategi akun @sobatbantas dalam memasarkan industri kuliner di Banjarmasin dengan media sosial TikTok.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian ini adalah videografer, editor, pengisi suara dan admin akun TikTok @sobatbantas. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) dua tarif paket pemasaran pada akun TikTok @sobatbantas yaitu paket ‘santai’ Rp.700.000,00 video diunggah H plus 15 dari visit dan paket ‘lakas’ Rp.900.000,00 video diunggah H plus 3 dari visit. Terdapat tarif tambahan untuk video yang disematkan Rp.250.000,00 selama satu bulan. Jam kerja dimulai pada pagi hari sekitar pukul sembilan, visit dimulai pukul dua siang, dan pengeditan video mulai pukul delapan malam. Alat yang digunakan untuk pengambilan dan pengeditan video adalah handphone. Akun TikTok @sobatbantas bekerja berdasarkan permintaan customer. 2) strategi pengambilan video pemasaran yaitu dilakukan secara berulang-ulang dari angle yang berbeda-beda dan dilakukan saat tempat makan ramai pengunjung. Strategi penyuntingan video pemasaran pada akun TikTok @sobatbantas, yaitu: (1) pemberian efek pencerah pada video; (2) penggunaan audio musik yang tetap; (3) pengaturan artikulasi, intonasi dan logat dalam pengisian suara. Strategi pengunggahan video pemasaran pada akun TikTok @sobatbantas, yaitu: (1) strategi penggunaan sampul video; (2) caption yang informatif; (3) penggunaan tagar utama; (4) pemanfaatan fitur lokasi pada aplikasi TikTok. Unsur yang selalu ada pada video pemasaran di akun TikTok @sobatbantas, yaitu: (1) iklan; (2) sales promotion; (3) komedi sebagai strategi andalan; dan (4) memiliki ciri khas tersendiri.

Bagi masyarakat, agar dapat menggunakan strategi pemasaran digital pada media sosial, maka hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi yang berguna untuk para content creator yang bergerak dibidang kuliner terkhusus di Kota Banjarmasin. Bagi mahasiswa, sebaiknya melakukan penelitian serupa, terkait pemasaran digital yang menggunakan media sosial lainnya agar dapat memberikan sumbangan ilmu pengetahuan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI