DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CLASSDOJO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:SYARIFAH NAHDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-12


Syarifah Nahda, 2024. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CLASSDOJO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd, M.Si)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran ClassDojo terhadap hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu atau quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin yang akan memperlajari materi ketenagakerjaan pada semester ganjil Tahun 2023/2024. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI F sebagai kelas eksperimen dan kelas XI C sebagai kelas kontrol dengan teknik Pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa angka-angka yang berasal dari dokumen hasil pre-test, hasil posttest, dan hasil angket. Data terlebih dahulu diuji menggunakan uji normalitas danUji linearitas. Kemudian diuji menggunakan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa “ada pengaruh positif media Pembelajaran ClassDojo (X) terhadap Hasil belajar (Y), (2) terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar ekonomi pada data pre-test dan post-test pada kelas eksperimen, (3) terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar ekonomi pada kelas ekperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan media pembelajaran ClassDojo terhadap hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin.

Kata kunci : Media pembelajaran, ClassDojo, Ketenagakerjaan, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI