DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MANAJEMEN UANG SAKU SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | KHAJAR ANGGUN PERMADANA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-02-12 |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Pembelajaran Literasi Keuangan dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Manajemen Uang Saku Siswa Kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan subjek penelitian terdiri dari 70 siswa yang berasal dari kelas XI-6 (36 siswa) dan kelas XI-7 (34 siswa). Pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 8 Banjarmasin kelas XI tahun ajaran 2023/2024 dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Literasi keuanganberpengaruh terhadap Manajemen uang Saku siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil hitung uji statistik menggunakan uji independent sample T-test, dapat diketahui bahwa penerapan treatment pembelajaran literasi keuangan melalui melalui aplikasi powerpoint dan youtube dengan yang tidak melalui aplikasi terhadap tingkat pemahaaman manajemen uang saku siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Banjarmasin menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini didasari atas uji independent sampel T-test yang menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < dari 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil manajemen uang saku siswa pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI