DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Kecakapan Abad 21 di Kabupaten Tapin
PENGARANG:ADI PRASETIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-13


ABSTRAK

 

Adi Prasetia. 2023. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Kecakapan Abad 21 di Kabupaten Tapin. Pembimbing Utama: (I) Dr. Herita Warni, M.Pd. Pembimbing Pendamping (II) Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd.

 

Pembelajaran abad 21 merupakan peralihan pembelajaran dari berpusat pada pendidik ke peserta didik dan memiliki kecakapan 4C yakni Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi), Critical Thinking and Problem solving (Berpikir kritis dan Pemecahan Masalah), Creativity and Innovation (Daya cipta dan Inovasi). Tahap awal sebagai perwujudan pembelajaran abad 21 dimuatkan pada perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai proses pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis kecakapan abad 21 di kabupaten Tapin. Dengan populasi guru PJOK di 12 kecamatan kabupaten Tapin. Sampel penelitian ini adalah 12 dokumen RPP guru PJOK sekolah dasar di kabupaten Tapin.

Hasil Penelitian ini adalah secara keseluruhan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berbasis kecakapan abad 21 di kabupaten Tapin menunjukkan dalam kategori “sangat baik” dengan persentase 33,33%, kategori “baik” dengan persentase 33,33%, kategori “cukup” dengan persentase 16,67%, kategori “kurang” dengan persentase 16,67%, dan kategori “sangat kurang” dengan persentase 0%. Kecakapan abad 21 berupa 4C sudah diterapkan di rencana pelaksanaan pembelajaran dengan ditemukan dalam komponen kegiatan pembelajaran serta telah menggunakan pendekatan/metode/model pembelajaran yang mengarahkan implementasi kecakapan 4C serta HOTS (Higher Order Thinking Skill).

 

 

Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kecakapan Abad 21.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI