DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PIDANA TERHADAP PENGGUNAAN ROBOTIK PADA PROMOSI PENJUALAN DI TOKO ONLINE DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
PENGARANG:Muhammad Badwi Apriansyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-13


Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kebijakan yang sepatutnya menjadi hak bagi konsumen sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia terkait penggunaan robotika pada promosi penjualan di toko online.

Metode yang digunakan adalah jenis penelitian yuridis normatif dan library reaserch dengan melakukan pengkajian terhadap peraturan perundang-undangan, buku-buku, jurnal, dan kitab-kitab yang berkaitan dengan skrispi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Adanya informasi atau keterangan yang salah tersebut mengakibatkan konsumen merasa dirugikan karena hak-haknya tidak terpenuhi yaitu hak untuk mendapat informasi yang jelas, benar, dan jujur sebagaimana di atur di dalam Pasal 4 angka 3 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Mengingat pada umumnya konsumen di Negara- Negara berkembang enggan beracara di pengadilan, karena tidak seimbangnya tuntutan kerugian dengan biaya, waktu, energi yang harus di keluarkan dan terutama karena posisi konsumen yang secara sosial dan finansial tidak sebanding dengan pelaku usaha. sebagaimana ditentukan dalam pasal 45 ayat (1) UUPK. (2) Penggunaan teknik membesar-besarkan manfaat produk diluar proporsi yang wajar, merupakan tindakan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan etika. Tanggungjawab pelaku usaha timbul karena adanya hubungan antara produsen dengan konsumen tetapi terdapat tanggung jawab masing-masing. Atas dasar keterkaitan yang berbeda maka pelaku usaha melakukan kontak dengan konsumen dengan tujuan tertentu yaitu mendapatkan keuntungan yang sebesar- besarnya dengan peningkatan produktivitas dan efisiensi. Sedangkan konsumen hubungannya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan hidup.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI