DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN SIKAP INOVATIF SISWA DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:LIA NORBAITI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-13


Lia Norbaiti, 2023. Hubungan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Sikap Inovatif Siswa di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (Rabiatul Adawiah).

Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sikap Inovatif Siswa

Dunia Pendidikan dituntut untuk mampu membekali peserta didik dengan keterampilan abad 21 salah satunya sikap kreatif dan inovatif, terlebih untuk siswa menengah kejuruan. Setiap siswa pada dasarnya memiliki sikap inovatif dengan tingkatan berbeda, guru dituntut agar bisa meningkatkan inovatif  siswa salah satunya dengan cara menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis projek, yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan sikap inovatif siswa di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 1660 siswa, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 214 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Uji Mann Whitney pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan bantuan perhitungan SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan sikap inovatif siswa yang terlihat pada hasil Uji Mann Whitney yaitu sebesar Asymp.Sig.(2-tailed) ,000 < 0,05. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat hubungan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan sikap inovatif siswa di SMK Negeri 2 Banjarmasin.

Berkaca dari hasil penelitian disarankan kepada guru dan pihak sekolah untuk mempertahankan predikat capaian kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan memberikan fasilitas yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan projek. Bagi siswa diharapkan mengikuti kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan penuh tanggung jawab.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI