DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Inovasi Badan Usaha Milik Kelurahan ( BUMKel ) Kelurahan Rantau Kujang Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan
PENGARANG:SALSABELA HUMAIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-13


Salsabela Humairah, 1910413220013, 2023.Inovasi merupakan bagian dari proses penyelenggaraan pemerintahan. Sejak diberlakukannya otonomi daerah dan diberikan kewenangan untuk mengurus pemerintahannya sendiri sesuai dengan potensi daerah. Badan usaha milik kelurahan merupakan suatu bentukdari pelaksanaan otonomi daerah, yang dapat dikategorikan sebagai inovasi pemerintah. 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui alasan pemilihan inovasi BUMKel dijadikan badan usaha di Rantau Kujang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMKel Rantau Kujang menjadi salah satu sumber pendapatan kelurahan dan membantu warga setempat untuk keperluan percetakan, fotocopy dan ATK. Serta mampu menjadi salah satu inovasi pelayanan publik oleh pemerintah daerah karena jenis usaha baru dan belum ada di wilayah tersebut, BUMKel juga mampu memberikan aspek kemudahan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

Inovasi BUMKel Rantau Kujang juga telah memenuhi beberapa indikator inovasi yaitu keuntungan relatif, kerumitan, dan kemudahan diamati. Keuntungan relatif dimana BUMKel Rantau Kujang semula adalah BUMDes kerajinan tangan yang tidak beroperasi maksimal lalu berganti menjadi BUMKel percetakan, fotocopy dan ATK. Dimana saat ini beroperasi dengan baik dan menjadi salah satu penunjang pendapatan. Kerumitan tentunya sebagai badan usaha baru pasti mengalami beberapa kendala namun dapat diatasi. Kemudahan diamati dimana BUMKel percetakan, fotocopy dan ATKdirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat setempat serta pembukuan yang rapi setiap bulannya.

Tiga dari lima indikator teori inovasi Rogers telah diselesaikan dalam penelitian ini yaitu keuntungan relatif, kerumitandan kemudahan diamati. Dua indikator lain terkaitkesesuaian dan kemungkinan dicoba belum diteliti. Untuk itulah, penulis menyarankan agar penelitian selanjutnyamenambahkan dua indikator tersebut sehingga penelitian tentang inovasi menjadi semakin komprehensif.

Kata Kunci : Inovasi, BUMKel, Rantau Kujang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI