DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET MATERI DINAMIKA PLANET BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS X DI SMAN 1 MANDASTANA
PENGARANG:DEA PUSPITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-13


Pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran geografi kelas X di SMAN 1 Mandastana adalah metode ceramah dan diskusi dengan bahan ajar berupa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang bersumber dari penerbit menjadi bahan ajar yang dominan digunakan di SMAN 1 Mandastana. Bahan ajar LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang digunakan belum disertai gambar sehingga proses belajar mengajar menjadi monoton dan sebagian siswa kesulitan untuk memahami khususnya pada materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan. Bahan ajar yang berisi gambar dan tulisan yang menarik sangat diharapkan untuk meningkatkan proses belajar mengajar agar lebih bervariasi dan mudah dipahami, sehingga bahan ajar jenis cetak dan visual seperti booklet tepat untuk dikembangkan di SMAN 1 Mandastana. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa booklet pada materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan agar menghasilkan booklet yang layak dan praktis untuk digunakan.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminete (penyebaran), namun pada penelitian ini dimodifikasi hanya sampai tahap Develop (pengembangan). Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket penilaian validator dan data kualitatif berupa kritik dan saran validator terhadap produk yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif.

Hasil identifikasi awal ditemukan bahwa (1) metode yang digunakan diskusi dan ceramah (2) bahan ajar yang donminan digunakan LKPD (3) penggunaan bahan ajar yang menarik dapat membantu peserta didik memahami dan antusias dalam belajar dan (4) materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan yang kompleks sehingga memerlukan pengembangan bahan ajar. Hasil analisis karakteristik peserta didik ditemukan bahwa (1) 76,7% sumber belajar yang dominan berupa buku teks (2) 83,3% bahan ajar yang digunakan yaitu LKPD (3) bahan ajar yang ada sudah membantu fokus tetapi peserta didik kesulitan dalam memahami (4) 87,5% peserta didik menyukai bahan ajar yang menarik dan berwarna (5) peserta didik sangat dimudahkan dengan bahan ajar yang memiliki gambar atau ilustrasi dan (6) peserta didik dangat memerlukan pengembangan bahan ajar berupa booklet. Hasil analisis tugas dan analisis konsep didasari pada CP, TP, dan ATP sehingga menghasilkan perancangan awal yang kemudian menghasilkan produk akhir berupa bahan ajar booklet materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan. Hasil kelayakan materi 78%, kelayakan kebahasaan 78,03%, dan kelayakan desain 80% sehingga booklet dinyatakan layak dengan persentase kelayakan 78,03% dan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan 85,52%.

Kata Kunci: Pengambangan, bahan ajar, booklet, Model 4D

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI