DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN PPKN SEBAGAI PENGUATAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL DI SMAN 1 BARABAI
PENGARANG:NURLIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-15


Media Pembelajaran Media adalah sesuatu berupa alat, bahan atau sarana yang digunakan sebagai perantara untuk menunjang kegiatan pembelajaran sehingga merangsang siswa agar dapat berperan aktif. Penguatan Kewarganegaraan Digital akan meningkat tergantung pada media pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru. Penggunaan media pembelajaran aplikasi Quizizz pada pembelajaran PPKn memiliki efektivitas dalam penguatan Kewarganegaraan digital di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi Quizizz pada pembelajaran PPKn sebagai penguatan Kewarganegaraan Digital di SMAN 1 Barabai.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, yang mana peneliti mengambil sample kelas XI yang berjumlah sebanyak 69 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/ kuesioner sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji T dan Uji N-Gain score .

Berdasarkan hasil perhitungan data Uji N- Gain score pada tabel di atas menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah 50,52 atau 50,6% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan nilai N- Gain Score minimal 25% dan maksimal 80%. Dan untuk nilai rata-rata (mean) N-Gain score untuk kelas kontrol adalah 40,62 atau 40,7% termasuk dalam kategori kurang efektif. Denga nilai N-Gain score minimal 17% dan maksimal 62%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi quizizz pada pembelajaran PPKn lebih efektif.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guru lebih bisa mengatur strategi dan berinovasi dalam penggunaaan quizizz agar peserta didik dapat tertarik dengan pembelajaran dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI