DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Efektivitas, Elastisitas, dan Kontribusi Retribusi Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Fasilitas Pasar Di Kota Banjarmasin
PENGARANG:RAIHANA SYIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-15


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas, elastisitas, dan kontribusi retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah serta hubungan realisasi retribusi pasar dengan penyediaam fasilitas pasar di Kota Banjarmasin. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriftif dengan teknik analisis data berupa rasio.

Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Banjarmasin dari tahun 2018 – 2022 secara konsisten berada di atas 100%. Elastisitas retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah dari tahun 2018 – 2022 masih dalam kriteria Inelastis. Tingkat kontribusi retribusi pasar terhadap Retribusi Daerah dan Pendapatan Asli Daerah Kota Banjarmasin dari tahun 2018 – 2022 masih dengan kriteria kurang besar dengan nilai dikisaran 12% untuk Retribusi Daerah dan 2% untuk Pendapatan Asli Daerah. Jumlah fasilitas Pasar di Kota Banjarmasin, seperti mushola, wc/toilet, ruang laktasi, tempat parkir, APAR, dan tempat pembuangan sampah memiliki total 67 fasilitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI