DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI KARAKTER BIOGRAFI K.H. ABDUL SYUKUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
PENGARANG:AKHMAD FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-15


Akhmad Firdaus. 2024. Nilai-Nilai Karakter Biografi K.H. Abdul Syukur Sebagai Sumber Belajar IPS Untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Tesis Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. M. Zaenal Arifin Anis, M. Hum (2) Prof. Dr. Drs. Bambang Subiyakto, M. Hum

 

K.H. Abdul Syukur merupakan seorang ulama terkemuka di Kalimantan Selatan, terutama di Pondok Pesantren Darussalam Martapura dan masyarakat di Martapura. K.H. Abdul Syukur mengabdikan dirinya pada pondok pesantren selama 57 tahun dan memimpin pondok pesantren sejak tahun 1992. Selain itu, beliau juga membuka pengajian yang diikuti oleh santri dan masyarakat umum, mengajarkan materi seperti Hadits Bukhari, Tafsir Baidawi, Ilmu Fiqih, serta Muzhab dan Tuhfatul Muhtaz. Beliau juga memegang peran penting di Majelis Ulama Indonesia Banjar sebagai ketua Nazir Masjid Agung Al-Karomah Martapura dan sebagai Mustasyar/sesepuh Nahdatul Ulama cabang Kabupaten Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam biografi ulama K.H. Abdul Syukur dan nilai-nilai ini dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan historis. Penelitian dilakukan di Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, dengan melibatkan MTsN 6 Banjar dan beberapa kantor organisasi terkait. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian mencakup peneliti, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan ada tujuh nilai karakter yang tercermin dalam kehidupan dan aktivitas K.H. Abdul Syukur, yaitu: religius, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, tanggung jawab. Penelitian ini juga membahas upaya penguatan karakter dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MTsN 6 Banjar, yang mencakup kegiatan rutin seperti doa bersama, pelaksanaan salat berjamaah, kegiatan berinfaq, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan pemasangan poster pahlawan dan ulama di ruangan kelas

 

Kata Kunci: K.H. Abdul Syukur, IPS, Nilai-Nilai, PPK

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI