DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN KASUBAG DI SUB BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN DPRD PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMAD MUFTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-15


Muhamad Mufti, 2023. Kepemimpinan Kasubag di Sub bagian Perencanaan dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Persepsi, Komunikasi

Penelitian ini bertujuan menggambarkan kepemimpinan kasubag di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan 1) untuk menggambarkan persepsi para staf terhadap gaya kepemimpinan kasubag di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan. 2) untuk menggambarkan jenis komunikasi Kasubag kepada para stafnya di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan 3) untuk menganalisis peran kepemimpinan Kasubag peningkatan kinerja di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dan telah diwawancarai sebanyak 6 informan yang ditentukan dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi para staf terhadap gaya kepemimpinan kasubag di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan yaitu karakter, pengarahan, komunikasi, pengambilan keputusan, motivasi/nasihat, dan pengelolaan lingkungan kerja. Berdasarkan persepsi staf, gaya kepemimpinan kasubag Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan yaitu kepemimpinan demokratis dan karismatis. 2) Jenis komunikasi kasubag kepada para stafnya di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan yaitu komunikasi antarpribadi dan kelompok. 3) Peran kepemimpinan kasubag dalam peningkatan kinerja ada peran seperti peran kedisiplinan, pengarahan/kontrol, pengambilan keputusan, mengembangkan relasi staf, menciptakan lingkungan kerja, motivasi/nasihat kerja, evaluasi, dan menyediakan pelatihan.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan pemimpin hendaknya memperhatikan cara memimpinnya dengan baik seperti memberi perintah/arahan, hubungan dengan bawahan akan berdampak pada peningkatan kinerja. Hendaknya persepsi orang lain bisa dijadikan bahan evaluasi agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Staf harus mengembangkan ketelitian dan koordinasi dengan pimpinan agar terhindar dari kesalahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI