DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUATAN NILAI NASIONALISME MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN PANCASILA PERSPEKTIF KEWARGANEGARAAN DIGITAL
PENGARANG:KHAIRURRASYID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-16


Penelitian ini membahas pesatnya teknologi informasi membawa pengaruh pada remaja yang kebanyakan mengakses media sosial. Perkembangan teknologi ini kebanyakan membuat remaja tidak bisa memilah informasi yang tersebar positif dan negatifnya. Penguatan nilai nasionalisme dengan pemanfaatan media sosial dimanfaatkan dalam membangun kualitas pendidikan di Indonesia yang cinta akan tanah airnya sesuai dengan kewarganegaraan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan penguatan nilai nasionalisme melalui pemanfaatan media sosial dalam Pendidikan Pancasila.

 Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang ditemukan adalah reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan hal-hal berikut: 1) Strategi pemanfaatan media sosial oleh guru dalam Pendidikan Pancasila menunjang pemahaman peserta didik mulai dari perencanaan, mental dan pondasi materi baik dari internet ataupun buku pegangan guru, memanfaatkan media instagram untuk peserta didik dapat mempelajari materi lewat media sosial tentang nasionalisme. 2) Dalam pemanfaatannya tersebut terlihat penguatan nilai nasionalisme yang diajarkan oleh guru melalui pemanfaatan media sosial instagram yang menjadi tolak ukur dan acuan peserta didik untuk mengupload tugas yang diberikan untuk menunjang pemahaman peserta didik terhadap nasionalismenya.

Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasannya penguatan nilai nasionalisme yang diharapkan guru sebagai tujuan pembelajaran dengan harapan peserta didik dapat memahaminya melalui pemanfaatan media sosial sudah berjalan dengan baik, meskipun ada kekurangan dalam pemanfaatannya tidak mengurangi hasil dari penguatan yang diharapkan dan dilakukan guru terhadap peserta didiknya. Saran yang diberikan terhadap penelitian ini Agar pembelajaran berhasil,  guru harus mampu merancang dan memilih strategi yang disesuaikan dengan keadaan, kepahaman dan kemampuan peserta didik. Guru juga diharapkan lebih kreatif, inovatif dan terbuka terhadap informasi dalam melaksanakan tugas sebagai guru yang produktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI