DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Likuiditas, Leverage, Modal Kerja dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Transportasi dan Logistik di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)
PENGARANG:MUHAMMAD IRFAN ARDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-16


 

Muhammad Irfan Ardana (2023). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Modal Kerja dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Transportasi dan Logistik di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)”. Pembimbing: H. Fahmi Rizani.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, leverage, modal kerja dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah likuiditas, leverage, modal kerja dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan menggunakan Return of Asset (ROA).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2018-2022. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan sektor transportasi dan logistik berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan modal kerja berpengaruh terhadap profitabilitas. Likuiditas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

 

Kata kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Modal Kerja, Ukuran Perusahaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI