DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO E -LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN
PENGARANG:RILO PAMBUDI TRIANTORO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-16


Minat belajar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Minat belajar peserta didik yang kurang terutama dalam pembelajaran PPKn dapat mengakibatkan hasil belajar yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis video e-learning di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapat pada pemanfaatan media pembelajaran berbasis video E – Learning dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMPN 27 Banjarmasin: (1) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video e – learning di SMP Negeri 27 Banjarmasin sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dapat diketahui dari guru yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis video e – learning setiap minggu pada mata pelajaran. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran berbasis video e – learning juga sudah sangat mendukung dan berguna bagi peserta didik, walaupun masih ditemui situasi dimana guru masih menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah. (2) Minat belajar peserta didik melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis video e – learning di SMPN 27 Banjarmasin sudah bagus, hal ini dapat diketahui dari aktivitas peserta didik pada saat mengikuti pembelajaran lebih antusias, lebih semangat dalam belajar, peserta didik juga lebih tertarik dan lebih aktif dalam tanya jawab dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video e-learning, hal tersebut dikarenakan media pembelajaran ini lebih menarik, asyik, mudah dimengerti dan dipahami oleh peserta didik karena diilustrasikan dengan gambar-gambar dalam pembelajaran. (3) Masih terdapat beberapa kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis video e – learning yaitu terletak pada kemampuan guru dalam menyiapkan media pembelajaran dan sarana prasarana yang ada di sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pihak sekolah maupun guru hendaknya mampu memilih dan menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dengan kreatifitas- kreatifitas yang baru. Pihak sekolah juga perlu memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di sekolah agar dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih memadai dan menyenangkan sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lebih efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI