DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN SISWA DI SMA NEGERI 13 BANJARMASIN
PENGARANG:GINA HASENA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-16


Semakin majunya teknologi, siswa harus paham dan mengerti mengenai literasi digital, harus mengetahui serta memahami bagaimana menggunakan teknologi, dan juga harus sadar terhadap dampak yang akan diperoleh jika terus menerus menggunakan internet, baik dampak positif maupun dampak negatif. Kemudian, ketika sudah memahami mengenai literasi digital maka diharapkan tidak akan mudah terpengaruh. Pengaruh literasi dapat membahayakan nilai dan karakter wawasan kebangsaan terhadap masyarakat Indonesia . Hal yang paling terlihat yaitu perubahan gaya hidup yang lahir akibat liberalisasi seperti mabuk-mabukan, seks bebas, narkoba, bullying, hoaks, kriminal, memudarnya sikap sopan santun , memudarnya gotong royong dan sebagainya yang justru meninggalkan konsep wawasan kebangsaanSebagai generasi penerus bangsa, khususnya bagi siswa di SMAN 13 Banjarmasin diharapkan mampumeningkatkan wawasan kebangsaan .

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh literasi digital terhadap peningkatan wawasan kebangsaan siswa di SMAN 13 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 192 orang siswa. Teknik yang digunakan adalah metode kuisioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t untuk menguji tingkat signifikan dari pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Uji dilaksanakan dengan langkah membandingkan t hitung dengan t tabel dengan menggunakan SPSS Seri 21 ketentuan jika t hitung > t tabel dan nilai signifikan < 0,05 ( α : 5% ).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya Pengaruh Literasi Digital terhadap Peningkatan Wawasan Kebangsaan Siswa di SMAN 13 Banjarmasin yang terlihat pada hasil uji t, Berdasarkan nilai t tabel : nilai t hitung sebesar 14,113 > t tabel 0,141 . Faktor yang memrpengaruhi peningkatan wawasan kebangsaan siswa di SMAN 13 Banjarmasin terhadap literasi digital yaitu presentase yang memiliki pengaruh yang paling besar atau yang paling dominan adalah rasa kebangsaan .Melalui data yang diperoleh dapat di ambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh literasi digital terhadap peningkatan wawasan kebangsaan siswa di SMAN 13 Banjarmasin.

Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan lebih bijak penggunan digital sebagai bentuk pemanfaatan media sosial secara positif sebagai alat literasi digital dan diharapkan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI