DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS ISI KUANTITATIF PRODUCT PLACEMENT DAN BRAND PLACEMENT PADA SINETRON DUNIA TERBALIK EPISODE 1001 – 1010
PENGARANG:M. Rifqi Ridhani Aditya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-02-25


M. Rifqi Ridhani Aditya, D1C11480, 2019. Analisis Isi Kuantitatif Product Placement dan Brand Placement Pada Sinetron Dunia Terbalik Episode 1001-1010. Dibimbing oleh Sri Astuty dan Muhammad Alif.

 

 

 

StrategiProductPlacementdan Brand Placementdapatmenjangkaukhalayakluasdan membentuk brand recall pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ProductPlacementdan Brand Placementyang digunakan dan persentasenya pada Sinetron Dunia Terbalik Episode 1001-1010.

 

 

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 387 scene dari 10 episode Sinetron Dunia Terbalik Episode 1001-1010, Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, atau total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan pengkodingan. Uji instrumen penelitian menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas kategori dengan dua orang koder. Teknik analisa data menggunakan statistik deksriptif.

 

 

 

Hasil Penelitian menunjukkan terdapat 2 kategori jenis placement yang digunakan pada Sinetron Dunia Terbalik Episode 1001-1010 dengan persentase jenis paling besar adalah jenis Visual Dimention 35% pada unit analisis Brand Placement dengan kemunculan 13,7 kali per episodenya, dan Integrated Explicit Product Placement 4% pada unit analisis ProductPlacement, dengan kemunculan 1,5 kali per episodenya. Persentase dari product placement dan brand placement pada Sinetron Dunia Terbalik Episode 1001-1010 adalah sebesar 39,3%, dan kemunculan tiap episodenya adalah sebanyak 15,2 kali.

 

 

Kata Kunci : Analisis Isi, ProductPlacement, Brand Placement, Sinetron Dunia Terbalik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI