DIGITAL LIBRARY



JUDUL:META-ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
PENGARANG:SALSABELLA MEIRELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-16


Kajian mengenai pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa telah banyak dilakukan dengan berbagai variasi hasil penelitian. Penelitian meta-analisis ini bertujuan untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa dengan karakteristik studi berupa jenjang pendidikan dan materi yang diajarkan. Penelitian-penelitian primer diperoleh melalui penelusuran Google Scholar, yang kemudian diseleksi sesuai dengan kriteria tertentu. Dengan menggunakan software Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0, Effect Size dari 20 studi primer dianalisis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa secara umum termasuk kategori besar; (2) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan jenjang pendidikan, termasuk kategori besar pada jenjang SMP maupun SMA dan paling efektif diterapkan di SMA; (3) Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan materi yang diajarkan di SMP termasuk kategori sedang dan paling efektif diterapkan pada materi Kubus dan Balok. Sementara itu, berdasarkan materi yang diajarkan di SMA termasuk kategori besar dan paling efektif diterapkan pada materi Turunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI