DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2022
PENGARANG:ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-17


Annisa, 1910412320037, 2023. Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Sahampada perusahaan sektor Perkebunan Kelapa Sawit  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2022, di bawah bimbingan Sugiharto.

 

            Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam kurun waktu 2018 – 2022 mengalami penuruan dan kenaikan. Salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam perekonomian yaitu sektor perkebunan kelapa sawit dan pasar modal. Salah satu instrumen pasar modal adalah saham. Pada 5 tahun terakhir mengalami fluktuasi yang cukup signifikan pada harga saham perusahaan kelapa sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh secara parsial dan simultan Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian bersifat eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan perusahaan sektor Perkebunan Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Besar sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan perusahaan sektor Perkebunan Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS versi 26.0.

 

Hasil penelitian membuktikan bahwa Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Harga Saham. Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Harga Saham. Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Harga Saham. Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE)dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Harga Saham.

 

Kata Kunci : Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI