DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MASYARAKAT PKBM AL-FALAH DALAM KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT DI KELURAHAN SUNGAI LULUT KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SALSA PUTRI AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-19


Salsa Putri Amalia, 2023. Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat PKBM Al-Falah Dalam Kegiatan Belajar Masyarakat di Kelurahan Sungai Lulut Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rahmat Nur.

Kata Kunci: Kelurahan Sungai Lulut, Kegiatan Belajar mengajar, PKBM Al-Falah.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Falah terdapat di Kelurahan Sungai Lulut Kota Banjarmasin. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah tempat penyelenggaraan kegiatan belajar bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan aktivitas kegiatan belajar masyarakat pada PKBM Al-Falah (2) menemukan faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran di PKBM Al-Falah.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk aktivitas kegiatan belajar masyarakat PKBM Al-Falah dalam kegiatan belajar masyarakat di Kelurahan Sungai Lulut Kota Banjarmasin terbagi menjadi lima yaitu: (a) membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, dan absensi kehadiran warga belajar. (b) menyampaikan tujuan pembelajaran yang dilakukan tutor setiap paketnya berbeda. (c) pelaksanaan program pembelajaran. (d) evaluasi dan umpan balik. (e) menutup pembelajaran. (2) faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di PKBM Al-Falah di Kelurahan Sungai Lulut Kota Banjarmasin yaitu: (a) fasilitas yang memadai (b) modul/materi pembelajaran (c) tutor/tenaga pengajar, sedangkan kendalanya yaitu: (a) bentroknya jadwal pembelajaran (b) kurangnya kesadaran mengikuti pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) pengurus PKBM Al-Falah agar dapat mengomunikasikan bersama-sama dengan memilih waktu yang tepat yang memungkinkan semua warga belajar dapat hadir dikelas (2) tutor PKBM Al-Falah agar dapat memberikan motivasi dan memilih metode pembelajaran yang disenangi warga belajar untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dikelas, selain itu pemberian alternatif tugas tambahan bagi warga belajar yang tidak hadir (3)  warga belajar di PKBM Al-Falah dapat meluangkan waktu dan dapat membagi waktu mengenai pekerjaan dan kegiatan belajar mengajar di PKBM Al-Falah (4) peneliti selanjutnya untuk menggali permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas belajar mengajar pendidikan kesetaraan di PKBM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI