DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MATERI SPLDV UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII DENGAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG
PENGARANG:AHMAD FIKRI AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-20


Media pembelajaran yang inovatif dan modern dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi dalam media pembelajaran adalah dengan dikembangkannya media pembelajaran matematika interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) untuk peserta didik kelas VIII dengan konteks etnomatematika pasar terapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web yang berfokus pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) untuk peserta didik kelas VIII dengan konteks etnomatematika pasar terapung yang memenuhi kritertia valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memotivasi peserta didik dalam memahami konsep matematika melalui konteks etnomatematika. Metode pengembangan media pembelajaran ini mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, kuesioner, dan tes hasil belajar dari 20 peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Kertak Hanyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web yang relevan dengan materi SPLDV dan sesuai dengan konteks etnomatematika pasar terapung yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran ini dinyatakan valid dalam hal materi dan medianya, praktis berdasarkan tanggapan positif dari peserta didik dan guru, serta efektif, seperti yang terbukti dari peningkatan skor evaluasi dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,421. Berdasarkan hasil ini, kesimpulan yang dapat diambil adalah media pembelajaran interaktif berbasis web untuk materi SPLDV dengan konteks etnomatematika pasar terapung dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI