DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ABDUL KHALIQ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-20


ABSTRAK

 

AbdulKhaliq,2023.“StrategiPeningkatanKompetensiAparaturSipilNegaraPada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten TanahBumbu”.TesisProgramStudiMagisterStudiPembangunan.Program PascaSarjanaUniversitasLambungMangkurat,dibawahbimbingan Agung Nugroho (Pembimbing I), dan Samahuddin Muharram (Pembimbing II)

Penelitianinibertujuanuntukmenganalisisstrategipeningkatanaparatursipil negara pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Bumbu dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan kompetensi aparatur sipil negara pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Bumbu.

Metodepenelitianmenggunakanpendekatankualitatifdenganteknisanalisis datamenggunakananalisisSWOT.TempatpenelitianadalahBadanKepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Bumbu.

Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya strategi peningkatan kompetensi aparatur sipil negara pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Bumbu: (1) Menyusun rencana pengembangan talenta dan karier ASN berdasarkan sistem merit. (2) Menyusun dokumenanalisiskebutuhandiklatdandokumenhumancapitaldevelopmentplan.

(3) Mendorong ASN untuk mengikuti pelatihan nonklasikal selain pelatihan yang bersifatklasikal.(4)Memanfaatkanhasiltesasesmensebagaibahanevaluasiuntuk membuat rencana kebutuhan diklat ASN. (5) Memelihara dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi penyelenggara pendidikan dan pelatihan. (6) Mengoptimalkan analisis jabatan dan analisis beban kerja sebagai alat untuk penempatanASNsesuaidengankualifikasidankompetensinya.(7)Memanfaatkan aplikasiSIAPyangmerupakanaplikasiinformasidanadministrasipegawaisebagai alatuntukmengoptimalkanprosesanalisiskompetensidankebutuhanpeningkatan kompetensiASN.Faktorpendukungstrategi peningkatankompetensiASN adalah

(1)AdanyadokumenAnjabdanABK.(2)Adanyaregulasisistemkerjadalamtim.

(3) BKPSDM memiliki ruang computer assisted test. (4) Kualifikasi pendidikan ASN BKPSDM memenuhi syarat jabatan. Faktor Penghambatnya adalah (1) Pengetahuan dan keterampilanyangbelum sesuaijabatan.(2) Motivasi kerja yang masih rendah. (3) Sistem merit belum dilaksanakan dengan baik. (4) Kurangnya jumlah ASN yang memangku jabatan analis SDM aparatur.

KataKunci:strategi,kompetensi,sistemmerit, pelatihan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI