DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kegiatan Ekonomi Petani Padi Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:SANA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-20


Sana Dewi. 2023. Kegiatan Ekonomi Petani Padi Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum, (2) Rusmaniah, M.Pd. 

Pembelajaran IPS pada umumnya selalu berkaitan dengan masyarakat dan lingkungannya. Maka  melalui kegiatan petani padi memberikan ruang untuk guru mengembangkan materi dengan menambahkan contoh-contoh yang ada dilingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS.Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan gambaran umum desa Anjir Serapat Muara; 2) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi petani padi di Anjir Serapat Muara; 3) Mendeskripsikan kegiatan ekonomi petani padi di Anjir Serapat Muara sebagai sumber belajar IPS

Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan ekonomi petani padi sebagai sumber belajar IPS.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke desa anjir serapat muara, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data berdasarkan deskripsi serta penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian: 1) Desa Anjir Serapat Muara merupakan salah satu desa di Kecamatan Anjir Muara berada di bagian Barat dari ibu Kabupaten Barito Kuala. 2) kegiatan ekonomi petani padi di Anjir Serapat Muara yaitu kegiatan produksi pertanian padi yang dimulai dari masa tanam hingga panen, dilanjutkan dengan proses pendistribusian hasil panen serta proses kegiatan konsumsi beras kepada konsumen. 3) kegiatan ekonomi petani padi dianjir serapat muara dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yaitu dengan mengaitkan atau menambahkan contoh tentang kegiatan ekonomi yang ada dilingkungan peserta didik. 

Simpulan dalam penelitian ini adalah desa Anjir Serapat Muara adalah salah satu desa di kecamatan Anjir Muara, wilayahnya merupakan daerah dataran rendah dan didominasi oleh rawa. Desa anjir serapat muara untuk mata pencarian penduduk sebagian besar sebagai petani oleh karena hal tersebut maka adanya kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Sehingga dengan ada kegiatan ekonomi tersebut dapat dijadikan sumber belajar IPS dengan mengaitkan atau menambahkan contoh baik secara langsung maupun bisa melalui gambar atau video. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI