DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG TINGKAT SMP/MTS
PENGARANG:HANNA SYAJIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-20


Kurangnya pemahaman konsep matematika siswa SMP pada materi bangun ruang
disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan objek tersebut,
teknologi
Augmented Reality (AR) dapat digunakan sebagai media pembelajaran
untuk memudahkan proses pembelajaran matematika yang bersifat abstrak seperti
bangun ruang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan respon siswa
terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis AR dalam pemahaman konsep
pembelajaran materi bangun ruang di Kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan
metode
Quasi eksperiment dengan desain Nonequivalent control group. Populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Banjarmasin.
Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling.
Intsrumen penelitian berupa
pre-test, post-test, dan angket. Teknik analisis data tes
menggunakan uji beda dan uji N-Gain, analisis data nontes menggunakan analisis
data deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian sebagai berikut (1) Berdasarkan
uji beda terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media
pembelajaran AR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak diberi
perlakuan
. Kemudian berdasarkan uji N-Gain menunjukkan rata-rata kelas
eksperimen sebesar 0,58 dengan kategori efektif dan kelas kontrol sebesar 0,15
dengan kategori kurang efektif. (2) Persentase hasil angket respon siswa terhadap
penggunaan media pembelajaran berbasis AR pada materi bangun ruang termasuk
kategori baik yaitu 79%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran berbasis AR efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep
pembelajaran materi bangun ruang pada pelajaran matematika kelas VIII SMP
Negeri 24 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI