DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SOSIALISASI SISTEM E-SAMSAT DAN KUALITAS SISTEM E-SAMSAT TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA E-SAMSAT DI BANJARMASIN (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR UPPD BANJARMASIN I DAN II)
PENGARANG:MUHAMMAD RIDHA RAIHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-21


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh sosialisasi sistem e-Samsat dan Kualitas sistem e-Samsat terhadap kepuasan pengguna e-Samsat. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosialisasi sistem e-Samsat dengan indikator sosialisasi langsung dan sosialisasi tidak langsung, dan kualitas sistem e-Samsat dengan indikator kemudahan penggunaan, kemudahan dipelajari, kecepatan akses, keandalan sistem, fleksibilitas sistem, kegunaan sistem dan fungsi sistem, serta keamanan sistem. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan pengguna e-Samsat dengan indikator kesesuaian harapan, minat menggunakan kembali, dan kesediaan merekomendasikan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif.

Populasi dari penelitian ini adalah wajib pajak pengguna e-Samsat pada periode 2021 di UPPD Banjarmasin I dan II sebanyak 9.859 wajib pajak pengguna e-Samsat. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 200 wajib pajak pengguna e-Samsat. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa sosialisasi sistem e-Samsat dan kualitas sistem e-Samsat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna e-Samsat, sosialisasi Sistem e-samsat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna e-Samsat, dan kualitas sistem e-Samsat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna e-Samsat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI