DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengukuran Kinerja Layanan Surung Sintak Pada Sistem Pemindahan dan Pengangkutan Sampah Kota Banjarmasin
PENGARANG:MUHAMMAD AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-22


Jumlah dan sebaran TPS di Kota Banjarmasin saat ini belum memenuhi kebutuhan pelayanan sampah Kota Banjarmasin. Idealnya satu kelurahan memiliki satu TPS sendiri, beberapa kelurahan tidak mampu menyediakan TPS bagi warganya karena berbagai kendala, di antaranya adalah tidak adanya lahan untuk membangun TPS, penolakan masyarakat yang besar, memerlukan anggaran biaya yang besar untuk biaya pembangunan, prosesnya lama, dan masih banyak lagi. Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin menciptakan inovasi sistem pemindahan dan pengumpulan sampah tanpa menggunakan TPS yang disebut “Surung Sintak”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi eksisting sistem pemindahan dan pengangkutan sampah di Kota Banjarmasin. Serta mengukur kinerja layanan Surung Sintak pada sistem pemindahan dan pengangkutan sampah Kota Banjarmasin.

Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kemudian data diolah dengan menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif dengan pengolahan data regresi linear berganda.

Kondisi eksisting sistem pemindahan dan pengangkutan sampah Kota Banjarmasin saat ini memiliki 63 TPS, 10 lokasi layanan surung sintak dan 70 armada pengangkut sampah yang terbagi dalam 3 jenis yaitu armroll truk sebanyak 27unit, dump truk sebanyak 33 unit, dan compactor truk 10 unit. Adapun hasil analisis kinerja surung sintak dengan model regresi linear menunjukkan layanan Surung Sintak menurunkan biaya operasional penanganan sampah sebesar Rp. 127.458 dan semua variabel independen yaitu Frekuensi Pengangkutan Sampah , Berat Sampah Total yang Diangkut , dan Metode Pengumpulan Sampah  mempengaruhi variabel dependen Biaya Pengumpulan Sampah (per kg per hari)  sebesar , sedangkan sisanya  dipengaruhi variabel lain diluar model. Kemudian berdasarkan Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara biaya penanganan sampah pada Metode Penanganan Sampah Surung Sintak dengan Metode Penanganan Sampah TPS, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan Surung Sintak lebih efisien dibandingkan layanan TPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI