DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INOVASI PRODUK DAN IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP KEBERHASILAN USAHA UMKM SASIRANGAN DI KAMPUNG SASIRANGAN BANJARMASIN
PENGARANG:EVA WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-23


Eva Wahyuni. Pengaruh Inovasi Produk dan Implementasi Digital Marketing terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Sasirangan di Kampung Sasirangan Banjarmasin. Pembimbing: Ahmad Rifani

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan implementasi digital marketing terhadap keberhasilan usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kampung Sasirangan Banjarmasin. Tujuan utamanya adalah untuk menganalisis dan menentukan sejauh mana pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap keberhasilan usaha UMKM Sasirangan Banjarmasin.

 

Penelitian ini dilakukan di Kampung Sasirangan, Kota Banjarmasin kepada 30 pemilik UMKM Sasirangan yang memiliki kriteria sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) apakah inovasi produk berpengaruh terhadap keberhasilan usaha dan (2) apakah digital marketing berpengaruh terhadap keberhasilan usaha.

 

Populasi pada penelitian ini adalah pemilik UMKM Sasirangan di Kampung Sasirangan Banjarmasin. Sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan pengamatan langsung serta membagikan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel inovasi produk terhadap keberhasilan usaha. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM Sasirangan di Kampung Sasirangan Banjarmasin. Penelitian ini memberikan kontribusi wawasan yang berharga terkait faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha UMKM Sasirangan Banjarmasin dan menyajikan implikasi praktis guna meningkatkan inovasi produk dan digital marketing dalam konteks yang serupa.

 

Kata Kunci: Inovasi Produk, Digital Marketing, Keberhasilan Usaha.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI