DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU PENGGERAK DI SEKOLAH PENGGERAK SMAN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:PUTRI DWI NURRAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-23


Putri Dwi Nurrahmi, 2023. Peran Guru Penggerak di Sekolah Penggerak SMAN 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Cucu Widaty.

Kata Kunci: Peran, Guru Penggerak, Sekolah Penggerak

Guru penggerak harus mampu menjadi pembelajar dan agen perubahan di sekolah, serta mampu menjalin dan mengembangkan hubungan untuk peningkatan mutu pembelajaran di sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis peran guru penggerak sebagai agen perubahan pada peserta didik di sekolah penggerak Sekolah Penggerak SMAN 5 Banjarmasin. (2) Untuk menganalisis peran guru penggerak sebagai agen perubahan pada rekan guru di sekolah penggerak Sekolah Penggerak SMAN 5 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data ditentukan secara Purposive sampling dengan jumlah informan 3 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu drngan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru penggerak sebagai agen perubahan di sekolah penggerak untuk mewujudkan kurikulum merdeka belajar di sekolah sangat vital. Pertama, guru penggerak sebagai fasilitator dalam peningkatan kualitas kepemimpinan peserta didik. Kedua, guru penggerak mencipakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, damai, dan nyaman sehingga peserta didik dapat berkembang sesuai dengan potensinya masing-masing. Ketiga,. guru penggerak sebagai motivator untuk tumbuh kembang peserta didik secara holistic. Keempat, guru penggerak sebagai pencipta kegiatan yang berdampak pada peserta didik (2) Guru penggerak sebagai agen perubahan pada rekan guru  di sekolah penggerak berhasil mengembangkan dirinya secara aktif dan menciptakan sebuah kegiatan yang memiliki dampak kepada rekan guru yaitu mendirikan komunitas belajar yang diberi nama Rumpun Umum. Guru penggerak mengambil peran strategis dalam mentransformasi sistem pendidikan. Proses perubahan di sekolah diperlukan adanya “pembaharuan” atau agent of change dan agent of transformation, yaitu subjek-subjek tertentu di sekolah yang mampu membawa perubahan dan pembaruan secara total.

Berdasarkan penelitian ini disarankan, bagi guru penggerak diharapkan terus melanjutkan peran sebagai guru penggerak di sekolah penggerak dengan cara mengembangkan kembali potensi atau aset yang ada di sekolah dan tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI