DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP BOOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
PENGARANG:JUHAR LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-24


Minat belajar siswa sangat penting dalam pembelajaran khususnya pada pelajaran IPA karena dengan minat belajar siswa akan lebih mudah dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar juga akan meningkat dan seluruh siswa akan selalu berpartisipasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang diajarkan menggunakan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan kelas yang diajarkan menggunakan cara mengajar konvensional; 2) mengetahui adanya pengaruh penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa; 3) mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling bertujuan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dari tes berupa soal esai pre test dan post test, dan angket minat belajar siswa serta angket pendapat siswa terhadap media Pop up book. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu uji Independent sample t-test, uji regresi linear sederhana dan uji N-Gain skor. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13,179 dengan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 86,581 dan kelas kontrol sebesar 73,384; 2) terdapat pengaruh penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 22,7%; 3) terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning yang terlihat pada kelas eksperimen sebesar 0,6333 termasuk dalam kategori cukup minat dalam belajar IPA. Penggunaan media Pop up book menggunakan model pembelajaran discovery learning mempunyai pengaruh dan membuat hasil belajar siswa meningkat sehingga minat belajar siswa juga meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI