DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Motivasi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam Mengikuti Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HMPS) FKIP ULM
PENGARANG:ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-25


Ulfah, 2024. Motivasi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam Mengikuti Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HMPS) FKIP ULM. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Laila Azkia (II) Rahmat Nur.

Kata Kunci: Motivasi, Organisasi, HMPS

Sebuah motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk mendorong seorang individu dalam melakukan sesuatu. Motivasi dapat membuat individu menjadi lebih bersemangat dalam melakukan suatu kegiatan. Motivasi ini jugalah yang menjadi faktor pendorong mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam mengikuti HMPS. Motivasi mempengaruhi tingkah laku individu, dengan adanya motivasi individu dapat mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk HMPS. Sehingga dapat menghasilkan sesuatu, baik bagi diri individu maupun bagi HMPS. Penelitian ini bertujuan, yaitu (1) untuk menemukan faktor pendorong mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam mengikuti Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HMPS). (2) untuk menemukan tujuan yang ingin dicapai oleh anggota dalam mengikuti HMPS. (3) untuk menemukan upaya anggota HMPS dalam mencapai tujuan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih dengan teknik purposive sampling yang menentukan informan sesuai dengan kriteria yang telah dilakukan peneliti, yaitu yang merupakan bagian inti dari HMPS, yakni Sharing Commite dan para kepala departemen yang ada di HMPS. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan, yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data, yaitu dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) faktor pendorong mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam mengikuti HMPS karena adanya motivasi intrinsik dan ekstrinsik, yaitu a) karena adanya keinginan untuk meningkatkan kemampuan diri, yang termasuk ke dalam motivasi intrinsik, b) karena tertarik dengan program kerja HMPS, yang termasuk ke dalam motivasi ekstrinsik, c) karena lingkungan sekitar mahasiswa, yang termasuk ke dalam motivasi ekstrinsik. (2) tujuan yang ingin dicapai oleh anggota dalam mengikuti HMPS terbagi menjadi dua, yaitu a) tujuanyang ingin dicapai untuk diri sendiri, b) tujuan yang ingin dicapai untuk HMPS. (3) upaya anggota HMPS dalam mencapai tujuan, juga terbagi menjadi dua sebab terdapat dua tujuan yang ingin dicapai, yaitu a) upaya anggota dalam mencapai tujuan untuk diri sendiri, b) upaya anggota dalam mencapai tujuan untuk HMPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI