DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA NEARPOD TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS KELAS X MAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:LIDYA NILAM CAHAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-27


Media pembelajaran yang hanya menggunakan power point menyebabkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh penggunaan media Nearpod pada materi virus terhadap hasil belajar peserta didik. (2) menganalisis pengaruh penggunaan media Nearpod pada materi virus terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian kognitif produk menggunakan eksperimen semu (quasi experiment), sedangkan penelitian kognitif proses, afektif, psikomotorik, dan kemampuan berpikir kritis menggunakan deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, pada penelitian kognitif produk dan proses menggunakan peserta didik kelas X A dan X E  kelas perlakuan dan kontrol. Teknik analisis data kognitif produk melalui soal pretest dan posttest menggunakan analisis dengan Program SPSS 16 dan observasi. Hasil data kognitif proses, afektif, psikomotorik dan kemampuan berpikir kritis menggunakan uji deskriptif dengan penskoran kategorisasi sangat baik (91%-100%), baik (71%-90%), cukup (61%-70%), dan kurang (<61%). Hasil penelitian menunjukkan (1) (a) terdapat pengaruh penggunaan media Nearpod terhadap hasil belajar kognitif produk berdasarkan uji hipotesis (sig. 0,000),berdasarkan rata-rata N-Gain yaitu nilai kelas eksperimen sebesar 69,45 berkategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol sebesar 24,48 dengan kategori tidak efektif, (b) penggunaan media Nearpod pada materi virus kognitif proses pada kategori baik lebih baik daripada penggunaan media  konvensional, (c) materi virus kelas eksperimen dan kontrol afektif (berkarakter dan sosial) kategori baik dan amat baik, begitu juga dengan aspek psikomotorik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kontrol yang menggunakan metode pembelajaran langsung, (2) hasil pada materi virus kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas perlakuan media Nearpod dan kelas kontrol berkisar pada aspek interpretasi, analisis, evaluasi kategori baik, aspek inferensi dan pengaturan diri kategori amat baik, aspek eksplanasi kategori cukup baik pada kelas kontrol namun tetap mengalami peningkatan selama proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Afektif, hasil belajar,kemampuan berpikir kritis, kognitif, media Nearpod psikomotorik, virus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI