DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kebebasan dan Kemandirian Perempuan dalam Novel Assalamu'alaikum Beijing Karya Asma Nadia
PENGARANG:NURUL QAMARIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-27


ABSTRAK

Qamariyah, Nurul. (2023). Kebebasan dan Kemandirian Perempuan dalam Novel Assalamualaikum Beijing 1 Karya Asma Nadia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sainul Hermawan,M.Hum.; (II) Dr. M. Rafiek, M.Pd.

Kata kunci: Perempuan, Feminisme, Kebebasan, kemandirian, Kesetaraan Gender

Salah satu karya sastra yang menjadi sarana dalam menyampaikan dakwah dan pendidikan adalah novel. Novel Assalamualaikum Beijing 1 menjadikan perempuan sebagai tokoh utama dan melibatkan unsur feminisme di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wujud kebebasan dan kemandirian perempuan dalam novel Assalamualaikum Beijing 1 karya Asma Nadia.

  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan kebebasan dan kemandirian perempuan yang terdapat pada novel Assalamualaikum Beijing 1 karya Asma Nadia secara tertulis. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, serta wacana yang merepresentasikan kebebasan dan kemandirian perempuan. Sumber data berupa novel “Assalamualaikum Beijing” karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik baca-catat. Analisis data penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk ideologi kesetaraan yang lebih mengarah kepada kebebasan terhadap manusia. Manfaat menjadi perempuan bebas yang digambarkan dalam novel ini adalah tokoh perempuan digambarkan menjunjung nilai-nilai feminisme. Perempuan dan laki-laki sama-sama memiliki hak untuk pergi sesuai dengan keinginannya sendiri selama memberikan arti kebermanfaatan dan positif. Citra perempuan dapat dilihat dari kehidupan tokoh utama perempuan dan juga melalui tokoh-tokoh lain yang terlibat dalam kehidupan tokoh perempuan yang ditampilkan dalam karya sastra tersebut.

               

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI