DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN POSTER DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 24 BANJARMASIN
PENGARANG:SYARAYA AMANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-28


Revolusi indsutri 4.0 mendorong pengajar dan pelajar untuk memahami teknologi guna
meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, tantangan yang dihadapi guru dalam
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, terutama karena keterbatasan peserta didik.
Dalam penelitian ini, aplikasi Canva digunakan dalam rangka meningkatkan efektivitas
pembelajaran dan mengatasi kendala-kendala yang ada. Metode penelitian yang digunakan
adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan instrumen seperti
rubrik penilaian, kuesioner kreativitas peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebelum penggunaan aplikasi Canva rata-rata kreativitas peserta didik
berada pada kategori “Cukup Kreatif” dengan persentase 59,6%. Setelah menggunakan Canva,
kreativitas peserta didik meningkat sebesar 14.2% dengan rata-rata persentase menjadi 73,9%
dalam kategori “Kreatif”. Selain itu, Hasil kinerja mereka dalam membuat poster digital
memperoleh hasil skor sebesar 89,2% yang termasuk kategori “Sangat Baik” sebab berada
diantara rentang 80% - 100%. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi Canva bermanfaat sebagai
media untuk membuat poster digital dan dapat meningkatkan kreativitas peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI