DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT KEPEDULIAN SOSIAL SISWA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 TAPIN DALAM PERSPEKTIF KARAKTER KEWARGANEGARAAN
PENGARANG:ELLYA AHMADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-28


Ahmadi, Ellya. 2024. Pengaruh Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Terhadap

Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3

Tapin Dalam Perspektif Karakter Kewarganegaraan. Skripsi, Program Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Muhammad Elmy, M.Pd

Kata Kunci : Kepedulian Sosial, Perilaku Bullying, Karakter Kewarganegaraan

Kepedulian sosial adalah karakter yang sangat penting untuk mengurangi perilaku bullying. Namun, dalam lingkungan pendidikan saat ini, masih banyak terjadi perilaku bullying yang bisa jadi karena kurangnya kepedulian sosial. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Perwitasari (2008) menunjukkan penurunan kepedulian sosial dan kepekaan pada remaja terhadap orang lain dan lingkungannya. Maka dari itu diharapkan siswa memiliki tingkat kepedulian sosial yang tinggi sehingga dapat membantu meminimalisir terjadinya bullying di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepedulian sosial pada siswa kelas VII di MTsN 3 Tapin. (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat kepedulian sosial terhadap perilaku bullying pada siswa kelas VII di MTsN 3 Tapin dalam perspektif karakter kewarganegaraan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 62 siswa menggunakan metode teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan uji t yang didahului dengan menggunakan uji asumsi uji normalitas.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) tingkat kepedulian sosial siswa kelas VII di MTsN 3 Tapin berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 55%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kepedulian sosial terhadap perilaku bullying dengan nilai signifikansi  0,000 < 0,05 dan nilai t hitung -10,494 > t tabel -2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan tingkat kepedulian sosial terhadap perilaku bullying.

Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepedulian sosial siswa tinggi sehingga meminimalisir perilaku bullying maka dari itu guru diharapkan dapat mempertahankan karakter tersebut dengan membangun dan menanamkan nilai-nilai karakter kepedulian sosial selama di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI