DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 24 BANJARMASIN
PENGARANG:YASRI RINDIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-02-29


Yasri Rindiani, 2024. Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Dalam Karakter Sopan Santun Siswa Kelas IX SMP Negeri 24 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Heru Puji Winarso

Kata Kunci : Media sosial, Kecerdasan, Remaja, Siswa 

Media sosial pada remaja di SMP Negeri 24 Banjarmasin telah umum digunakan dalam kesehariannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial khususnya pada karakter sopan santun siswa kelas IX. Disamping itu, juga untuk mengetahui bagaimana tingkat kecerdasan siswa dalam menghadapi terpaan media dan bagaimana kondisi dari penggunaan media sosial tersebut. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dekriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, conclusion drawing. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrument penilaian yang digunakan yaitu peneliti sendiri yang didukung oleh petunjuk wawancara dan dokumen yang berisi informasi pedoman yang diperlukan untuk dapat menyikapi rumusan masalah secara efektif dalaman analisis data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penggunaan media sosial pada remaja kelas IX di SMP Negeri 24 Banjarmasin menghasilkan dampak positif dan negative. Tingkat durasi waktu yang digunakan untuk menggunakan media sosial sudah cukup tinggi dan sudah tergolong dalam kecanduan media sosial. Remaja lebih suka menghabiskan waktunya untuk menggunakan media sosial daripada berkomunikasi dengan orang lain. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diberikan saran agar pihak orang tua dan sekolah lebih meningkatkan pengawasan dan nasihat kepada remaja agar tidak terlena untuk menghabiskan waktunya untuk menatap handphone saja. Nasihat dapat berupa penanaman nilai, moral dan etika dalam diri remaja agar remaja selalu ingat mana yang baik dan buruk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI