DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembuatan dan Aplikasi Membran Flat Silika Pektin dengan Metode Swab-Coating Melalui Proses Ultrafiltrasi untuk Air Rawa Asin dan Air Asam Tambang
PENGARANG:RAISSA ROSADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-02


Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Rekayasa Teknik Lingkungan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru dan Laboratorium Materials and Membranes Research Group. Air sebagai salah satu sumber daya alam memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Air rawa asin dan air asam tambang berpotensi digunakan sebagai sumber air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan dan karakteristik membran flat melalui metode swab-coating serta aplikasinya terhadap air rawa asin dan air asam tambang melalui proses ultrafiltrasi. Tahapan penelitiannya adalah persiapan & karakteristik membran, proses kalsinasi dan proses ultrafiltrasi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tekanan pada membran support alumina silica berbentuk flat. Fabrikasi membran dilakukan dengan metode sol gel menggunakan pektin pisang. Metode yang dilakukan yaitu pembuatan sol dengan metode sol-gel menggunakan prekursor TEOS, katalis (asam nitrat dan ammonia) sebagai bahan utama pada suhu 50°C selama 3 jam dan membran flat silica pectin yang sudah di swab-coating dikalsinasi sebagai variabel bebas. Untuk variabel terikat, yaitu fluks, rejeksi garam, TDS, UV254, dan E4/E6. Pembuatan xerogel dilakukan menggunakan oven dengan suhu 60 °C selama 24 jam dan dikarakterisasi dengan TGA. Massa permeat dan nilai conductivity diukur untuk memperoleh nilai flux dan salt rejection. Sedangkan kandungan organik di uji menggunakan UV-Vis.

Hasil fluks air tertinggi yaitu membran silica pectin, untuk air rawa asin maupun untuk air asam tambang pada tekanan 1,5 bar yaitu 20,5209 kg m-2 jam-1 dan 22,18 kg m-2 jam-1 dengan presentase rejeksi garam masing-masing sebesar 81,05% dan 51,08%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI