DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 BARABAI TERHADAP SITUS MASJID KERAMAT PELAJAU DAN MASJID AL-A’LA JATUH SEBAGAI PENINGGALAN SEJARAH DI KECAMATAN PANDAWAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:TRY WAHYUDI SHALEH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-03


Try Wahyudi Shaleh, 2023. Persepsi Peserta Didik SMA Negeri 8 Barabai Terhadap Situs Masjid Keramat Pelajau Dan Masjid Al-A’la Jatuh Sebagai Peninggalan Sejarah Di Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pembimbing: (1) Heri Susanto, M.Pd. (2) Fitri Mardiani, M.Pd.

Generasi muda di wilayah Barabai sebagian besar kurang mengetahui adanya situs peninggalan kerajaan Demak yang terletak di desa Pelajau dan desa Jatuh. Hal ini menunjukkan bahwa eksistensi Masjid Keramat Pelajau dan Masjid Al-A’la Jatuh kurang menjadi perhatian oleh generasi muda bahkan oleh pemerintah setempat. Salah satu cara untuk mengetahui persepsi peserta didik yaitu dengan menggali pemahaman merekaterhadap peninggalan sejarah di Hulu Sungai Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengetahuan dan persepsi peserta didik tentang situs Masjid Keramat Pelajau dan Masjid Al-A’la Jatuh sebagai peninggalan sejarah di Kecamatan Pandawan.

 Jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan peserta didik SMAN 8 Barabai, observasi kedua masjid, serta studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan, reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah a). Pengetahuan peserta didik menunjukkan bahwa mengetahui situs Masjid Keramat Pelajau dan Masjid Al-A’la Jatuh sebagai peninggalan sejarahdi Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, seperti mengetahui sejarahnya, peninggalan dan pentingnya sejarah kedua masjidtersebut. b). Persepsi peserta didik menunjukkan bahwa memahami fungsi situs Masjid Keramat Pelajau dan Masjid Al-A’la Jatuh sumber perjuangan rakyat, fungsi keagamaan, pendidikan, sosial, wisata religi, dan cagar budaya, Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa persepsi peserta didik didasari oleh pengetahuan terkait kedua masjid sebagai peninggalan sejarah. Peserta didik mendapatkan nilai perjuangan seperti nasionalisme, keagamaan, pendidikan, sosial, religi dan nilai sejarah.

 

Kata Kunci: Persepsi, Masjid, Peninggalan Sejarah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI