DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU (CARD SORT) DENGAN PENDEKATAN STEM PADA SUB MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK DI SMP
PENGARANG:AHTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-04


Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran berupa kartu (card sort) dengan pendekatan STEM yang akan dijadikan sebagai media pembelajaran dalam penyampaian materi dengan cara belajar sambil bermain dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, kemampuan kolaboratif, serta keefektifan media pembelajaran kartu (card sort). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Media kartu (card sort) divalidasi oleh tiga orang validator, 2 orang dosen Pendidikan IPA FKIP ULM dan 1 orang guru mata pelajaran IPA dengan memperoleh skor rata-rata 0,84 dengan kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan angket sespon peserta didik kepraktisan memperoleh nilai 78,50% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasatkan angket kolaboratif, kemampuan kolaboratif peserta didik memperoleh nilai 75,09 dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Dan berdasarkan hasil pretest dan posttest yang dihitung dengan uji N-gaim diperoleh rata- rata 0,74 dengan kategori “Sangat Efektif”. Hal ini menunjukkan media kartu (card sort) yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI