DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Buku Ensiklopedia Famili Lauraceae Di Kebun Raya Banua Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa
PENGARANG:Amelia Hidayati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-04


PENGEMBANGAN BUKU ENSIKLOPEDIA FAMILI LAURACEAE DI KEBUN RAYA BANUA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA (Oleh : Amelia Hidayati; Pembimbing: Muhammad Zaini; Amalia Rezeki; 2023; 87 Halaman )

 

 

ABSTRAK

 

Pendidikan abad ke-21 menuntut lembaga pendidikan untuk memiliki keterampilan 4C salah satunya keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui berbagai cara, salah satunya menggunakan bahan ajar. Bahan ajar yang di kembangkan pada penelitian ini yakni buku ensiklopedia . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:validitas isi,kepraktisan isi, harapan dan aktual, sertakeefektifan harapandan aktual ensiklopedia famili lauraceae Kebun Raya Banua untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan Educational Design Research dengan desain evaluasi formatif Tessmer, yang terdiri atas: evaluasi diri,uji pakar ahli,uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Subjek uji validasi meliputi 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 3 orang mahasiswa, subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang mahasiswa dan uji kelompok besar adalah 15 orang mahasiswa. Seluruh subjek tersebut merupakan mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah phanerogamae. Hasil dari penelitian menunjukkan buku ensiklopedia memiliki kategori valid berdasarkan penilaian dari ketiga validator dengan skor rata-rata 3,6. Hasil kepraktisan isi buku ensiklopedia memiliki kategori baik dengan skor rata-rata 3,71, kepraktisan harapan memiliki kategori baik dengan skor rata-rata 83,33% dan kepraktisan aktual memiliki kategori sangat baik dengan skor rata-rata 87,62. Hasil keefektifan harapan buku ensiklopedia memiliki kategori baik dengan skor rata-rata 79,61% dan keefektifan aktual memiliki kategori sangat baik dengan skor rata-rata 89,63%.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kata kunci: Ensiklopedia, Famili Lauraceae, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Penelitian Pengembangan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI